10 Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

10 Trend Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Hai Sahabat Puffin , siapa yang masih mengenal surat / kotak surat , pasti tinggal sejarah saja , pasti sudah tergantikan dengan SMS , WA atau Email . Kalian apa mengenal Becak ? pasti sudah tergantikan oleh Ojol atau Ojek Online yang dewasa ini di Indonesia tersedia Go Jek , Grab dan Uber .

Hasil gambar untuk gambar becak

Apakah kamu masih sering menjumpai delman di kota-kota besar di Indonesia? Hmmm… sepertinya sudah sangat jarang sekali ya. Delman yang dulu menjadi salah satu transportasi pada masanya, seiring perkembangan zaman mulai digantikan oleh kendaraan bermotor. Hal ini merupakan salah satu contoh dari yang namanya perubahan sosial, lho. Lalu, apa sih sebenarnya pengertian perubahan sosial itu? Jika kamu ingin memperkaya pengetahuan di materi Sosiologi yakni materi Perubahan Sosial, maka artikel ini akan mendukung kamu. Di sini, ada beberapa Perubahan Sosial menurut para ahli untuk mendukung pelajaranmu.

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Perubahan sosial menurut wikipedia merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai, sikap-sikap sosial, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat

Dibawah ini adalah beberapa pengertian dari para ahli tentang perubahan sosial :

  1. Pengertian Menurut Kingsley Davis

    Davis menekankan bahwa perubahan sosial itu sebagai wujud perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi suatu masyarakat.

  2. Pengertian Menurut Selo Soemardjan

    Definisi perubahan sosial menurut Selo Soemardjan merujuk pada perubahan lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang berpengaruh pada sistem sosialnya. Perubahan ini mencakup nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku.

  3. Pengertian Menurut Robert M.I Lawang

    Pengertian perubahan sosial menurut Robert M.I Lawang adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

  4. Pengertian Menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

    Pengertian perubahan sosial menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi adalah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.

  5. Pengertian Menurut Robert H. Lauer

    Pengertian perubahan sosial menurut Robert H. Lauer adalah perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia.

  6.  Menurut Bruce J. Cohen

    Pengertian perubahan sosial menurut Bruce J. Cohen adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.

  7. Menurut Pasurdi Suparlan

    Pengertian perubahan sosial menurut Pasurdi Suparlan adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

  8. Menurut Atkinson dan Brooten

    Pengertian perubahan sosial menurut Atkinson dan Brooten adalah proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan perilaku kelompok.

  9. Menurut Hans Garth dan C. Wright Mills

    Garth dan Mills mengemukakan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi baik kemunculan, perkembangan, bahkan kemunduran, dalam kurun waktu tertentu terhadap tatanan yang meliputi struktur sosial.

  10.  Menurut Paul

    B. Horton dan Chester L. HuntPerubahan sosial ialah suatu hal yang tetap dan selalu ada dalam alam semesta. Masyarakat generasi baru tidak mungkin meniru atau mengambilalih kebudayaan generasi sebelumnya. Generasi baru pasti selalu menginginkan perubahan.

Jadi Sobat Puffin semua , kalian sekarang sudah tau perubahan tersebut ya, seperti kentongan , surat , bejak , delman, bemo , bajaj sudah jarang ditemukan. Karena perubahan sosial tersebut yang menggesernya. Sebagai diskusi kita bersama , tinggalkan komentar anda tentang perubahan apa saja yang terjadi di wilayahmu masing-masing.

Author Profile

A Prasetya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *